Senin, 30 April 2012

TOYOTA ETiOS 2012

 Bingung mau nyari mobil yg stylish, sporty, dan cocok buat keluarga dengan harga yg murah ??? buat anda yg lagi hemat budget bisa memilih mobil ini sebaai solusi buat anda. Mengapa ? karena mobil besutan TOYOTA ini dibandrol dgn harga yg sangat minim di kelasnya,kisaran Rp.100 Juta lhoo...!! ! ya tapi dengan kualitas yg prima,,, liat aja noh tampilannya.,,bagaimana , anda tertarik ?
tampak depan
tampak belakang

 TOYOTA ETIOS pertama kali dipasarkan di India, hadir dengan desain yg keren, minimalis, dan sporty dengan mesin DOHC 4-silinder berkapasitas 1.197 cc bertenaga 80 hp pada 5.600 rpm dan torsi 104 Nm pada 3.100 rpm, tersedia beberapa pilihan warna ; harmony beige, vermillion red, serene bluish silver, simphony silver, putih dan hitam. Tampilan mewahnya terlihat pada interior dengan meter cluster di tengah serta kontrol audio yang terletak di steer-nya, juga menyediakan Fitur keselamatan dengan dua airbag di depan serta rem ABS/EBD.

Toyota sendiri mengembangkan Etios berdasarkan konsep One Class Above. Dimana Toyota mencoba menjangkau masyarakat menengah utk tidak kalah gaya dgn mobil kelas-kelas atas yg kita tahu harga jualnya bisa mencekik.. jadi kita tunggu saja mobil ini dihadirkan di Indonesia ya,,

 Toyota Astra mengaku masih mempelajari dan melakukan kajian apakah mobil tersebut memang diminta oleh pasar mobil Indonesia. Saya yakin, anda pemburu mobil sporty yg minimalis yg MURAH bakalan gak sabaran nungguin si Etios ini,,hehehe..
tampak samping..
  Eiittsss.. !!!!
TOYOTA ETIOS ini diproduksi dgn dua model lho,,Etios sedan dan Etios Liva Hatchback,  berikut model serta spesifikasinya ;
Etios sedan :
Model Mesin : 1.5 2NR-FE
Mesin : 1,496 cc (91.3 cu in) I4 16V DOHC
Power@rpm : 90 PS (66 kW; 89 hp) @5600
torque@rpm : 132 N·m (97 lb·ft) @3100
akselerasi : 0-100 km/jam 11,6 detik
Top Speed : 175 km/h (109 mph)
Transmisi : 5 gigi

begini nih dalemannya gan... gimana..
Etios Liva Hatchback :
nih mesinnya..
Model Mesin : 1.2 3NR-FE
Mesin : 1,197 cc (73.0 cu in) I4 16V DOHC
Power@rpm : 80 PS (59 kW; 79 hp) @5600
torque@rpm : 104 N·m (77 lb·ft) @3100
akselerasi : 0-100 km/jam 14.08 detik
Top Speed : 180 km/h (112 mph)
Transmisi : 5 gigi
Pembaca yg budiman slalu meninggalkan komentar, silahkan berikan pendapat agan.. :)



Minggu, 29 April 2012

Top 12 Wise Words

1. Membuka Toko itu mudah, membuatnya tetap buka, itu seninya.  (pepatah cina)

2. Memperhatikan hal-hal kecil yg sederhana, yg diabaikan sebagian besar orang, membuat segelintir kecil orang menjadi kaya. ( Henry Ford )

3. Kelemahan terbesar kita terletak pada menyerah, jalan paling pasti utk sukses hanyalah dgn selalu mencobanya kembali. ( Thomas A Edison )

4. Bertindaklah selayaknya seorang juara, Anda harus belajar cara menang dan tidak lari ketika kalah, semua org pernah gagal dan pernah meraih sukses, Gagal atau sukses,,, anda harus hati-hati agar tidak kehilangan percaya diri atau menjadi terlalu percaya diri. ( Nancy Kerrigan )

5. Untuk menjadi bijak, seseorang harus mau diam, mendengarkan, mengingat, praktik, dan mengajari org lain.
( Solomon Ibn Gariol )

6. jauh lebih mudah bijak kepada org lain, ketimbang kepada diri sendiri. ( Francois de la Rochefoucauld )

7. Senyum adalah bahasa universal dunia,, ( Anonim )

8. Jadi org jujur membutuhkan usaha yg jauh lebih kecil daripada menjadi org yg penuh kepalsuan, resiko jangka panjangnya juga lebih kecil dan penghargaan yg didapat justru lebih besar. ( Anonim )

9. Kejujuran adalah kualitas spiritual yg tak bisa dinilai dgn uang . ( Anonim )

10. Anda bosan dgn hidup anda ? terjunkan diri anda ke dalam pekerjaan yg anda yakini sepenuh hati, hidup dan mati utk pekerjaan itu, dan anda akan menemukan kebahagiaan yg anda pikir tak akan menjadi milik anda ( Dale Carnegie )

11. jgn jadikan gaji tinggi sbg tujuan, carilah pekerjaan yg anda sukai dan gaji tinggi akan datang dgn sendirinya. ( Harding Lawrence )

12. orng yg bekerja bukan demi kecintaan pd pekerjaan tapi semata-mata demi uang, berkemungkinan kecil mendapat byk uang dan menemukan kegembiraan dlm hidupnya.

Selasa, 10 April 2012

KLAUSUL KLAUSUL PERJANJIAN KREDIT YANG MEMBERATKAN NASABAH DEBITOR


Beberapa klausul-klausul dalam perjanjian kredit yang memberatkan Nasabah Debitur antara lain:

1. Kewenangan bank untuk sewaktu-waktu tanpa alasan apapun dan tanpa pemberitahuan sebelumnya secara sepihak menghentikan izin tarik kredit; 

2. Bank berwenang secara sepihak menentukan harga jual dari barang agunan dalam hal penjualan barang agunan karena kredit nasabah debitur macet;

3. Kewajiban nasabah debitur untuk tunduk kepada segala petunjuk dan peraturan bank yang telah ada dan yang masih akan ditetapkan kemudian oleh bank:

4. Kuasa nasabah debitur yang tidak dapat dicabut kembali kepada bank untuk dapat melakukan segala tindakan yang dipandang perlu oleh bank;

5. Pencantuman klausul-klausul eksemsi yang membebaskan bank dari tuntutan ganti kerugian oleh nasabah debitur atas terjadinya kerugian yang diderita olehnya sebagai akibat tindakan bank; 

6.  Pencantuman klausul eksemsi mengenai tidak adanya hak nasabah debitur untuk dapat menyatakan keberatan atas pembebanan bank terhadap rekeningnya.

Putusan Serta Merta

Pasal 180 ayat (1) HIR menyebutkan bahwa Pengadilan Negeri
boleh memerintahkan supaya keputusan dijalankan lebih dahulu, walaupun
keputusan itu dibantah atau diminta banding jika ada surat yang sah, satu
surat tulisan yang menurut peraturan yang laku untuk hal itu berkekuatan
bukti, atau jika ada hukuman dahulu dengan keputusan yang sudah
mendapat kekuatan keputusan pasti demikian juga jikalau tuntutan
sementara dikabulkan tambahan pula dalam perselisihan hak milik. Oleh
sebab itu penggugat dapat mengajukan pada pengadilan agar putusan itu
dapat dijalankan lebih dahulu. Putusan semacam ini lebih dikenal dengan
Putusan Serta Merta atau Uit Voerbaar Bij Voorraad.

Rabu, 04 April 2012

UUPA No.5 Tahun 1960 dan sejarahnya

 Sejarahnya :
 Sebelum berlakunya UUPA berlaku bersamaan berbagai perangkat Hukum Agraria. Ada yang bersumber pada Hukum Adat, yang berkonsepsi komunalistik religious. Ada yang bersumber pada Hukum Perdata Barat yang individualistic-liberal dan ada pula yang berasal dari berbagai bekas Pemerintahan Swaparja, yang umumnya berkonsepsi feudal. Hukum Agraria yang merupakan bagian dari Hukum Administrasi Negara, hamper seluruhnya terdiri atas peraturan-peraturan perundang-undangan yang memberikan landasan hukum bagi Pemerintah Jajahan dalam melaksanakan politik agrarianya yang dituangkan dalam Agrarische Wet 1870.
  Selain itu adanya dualisme dalam Hukum Perdata memerlukan tersedianya perangkat hukum yang terdiri atas peraturan-peraturan dan asas-asas yang member jawaban, hukum apa atau hukum yang mana yang berlaku dalam menyelesaikan kasus-kasus hukum Antargolongan di bidang agraria. Perangkat hukum ini dikenal sebagai Hukum Agraria atau Hukum Tanah Antargolongan.
 Didalam Negara Republik Indonesia, yang susunan kehidupan rakyatnya, termasuk perekonomiannya, terutama masih bercorak agraria, bumi, air dan ruang angkasa, sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa mempunyai fungsi yang amat penting untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur sebagai yang kita cita-citakan. Dalam pada itu hukum Agraria yang berlaku sekarang ini, yang seharusnya merupakan salah satu alat yang penting untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur tersebut, ternyata bahkan sebaliknya, dalam banyak hal justru merupakan penghambat dari pada tercapainya cita-cita diatas. Hal itu disebabkan terutama :
a. Karena hukum agraria yang berlaku sekarang ini sebagian ter- susun berdasarkan tujuan dan sendir-sendi dari pemerintah jajahan, dan sebagian lainnya lagi dipengaruhi olehnya, hingga bertentangan dengan kepentingan rakyat dan Negara didalam melaksanakan pembangunan semesta dalam rangka menyelesaikan revolusi nasional sekarang ini;
b. Karena sebagai akibat dari politik-hukum pemerintah jajahan itu hukum agraria tersebut mempunyai sifat dualisme, yaitu dengan berlakunya peraturan-peraturan dari hukum-adat di- samping peraturan-peraturan dari dan yang didasarkan atas hukum barat, hal mana selain menimbulkan pelbagai masa'alah antar golongan yang serba sulit, juga tidak sesuai dengan cita-cita persatuan Bangsa;
c. Karena bagi rakyat asli hukum agraria penjajahan itu tidak menjamin kepastian hukum
UU Pokok Agraria akhirnya dibentuk pada tahun 1960. 
Dalam dimuat tujuan, konsepsi, asas-asas, lembaga-lembaga hukum dan garis-garis besar ketentuan-ketentuan pokok Hukum Agraria/Tanah Nasional. Penjabarannya dilakukan dengan membuat berbagai peraturan pelaksanaan yang bersama-sama UUPA merupakan Hukum Agraria/Tanah Nasional Indonesia. Tujuannya adalah akan mewujudkan apa yang digariskan dalam pasal 33 ayat 3 UUD 1945, bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya, yang penguasanya ditugaskan kepada Negara Republik Indonesia, harus dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
UUPA menciptakan Hukum Agraria Nasional berstruktur tunggal, yang seperti dinyatakan dalam bagian “Berpendapat” serta Penjelasan Umum UUPA berdasarkan atas Hukum Adat tentang tanah, sebagai hukum aslinya sebagian terbesar rakyat Indonesia.
Perubahan tersebut diselenggarakan secara cepat, fundamental dan menyeluruh dalam rangka apa yang pada waktu itu disebut: menyelesaikan Revolusi Nasional kita, yang menghendaki penyelesaian segenap persoalannya secara yang revolusioner, dengan bersemboyan: Pull down yesterday. Construct for tomorrow dan dalam rangka: retooling alat-alat untuk menyelesaikan Revolusi.
Dengan kata-kata sekarang, semuanya itu adalah pada hakikatnya dalam rangka melaksanakan Pembangunan Nasional, mengisi kemerdekaan yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, menuju terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
UUPA mengubah secara fundamental prinsip-prinsip hukum pertanahan yang berlaku sebelum tahun 1960. Perubahan fundamental ini meliputi perangkat hukumnya, dasar konsepsinya maupun isinya. Dengan berlakunya UUPA, kondisi pertanahan nasional diperintahkan supaya didasarkan oleh hukum tanah adat yang sederhana dan menjamin kepastian hukum tanpa mengabaikan hukum agama. UU yang memberi kemungkinan tercapainya fungsi bumi, air dan ruang angkasa yang sesuai dengan kepentingan rakyat Indonesia.
Pada awal-awal berlakunya UUPA, kegiatan pertanahan nasional berorientasi pada program-program reformasi tanah (Landreform). Mengubah gaya lama penguasaan tanah yang kolonial dengan program redistribusi tanah kepada rakyat dan melarang monopoli penguasaan tanah termasuk feodalisme di pedesaan.
Namun, cita-cita itu tidak berlangsung lama. Sejak tumbangnya Orde Lama yang digantikan Orde Baru, program-program pembangunan pemerintah berorientasi pada pertumbuhan ekonomi. Kalau menggunakan matematika ekonomi, berarti membutuhkan modal untuk menyuntik mesin industri. Industri membutuhkan tanah-tanah untuk bahan sumber produksi. Industri membutuhkan petani untuk memetik kopi, tembakau dan jagung di perkebunan.

Sejarah , Budaya dan Ciri Khas Orang Karo


1. SEJARAH DAN BUDAYA SUKU KARO

  Suku Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi daerah Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kota Medan, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Kabupaten Karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Karo. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.seperti yang terlihat di bawah ini :
Budaya karo atau Suku karo juga memiliki beberapa pakaian adat, yaitu :
  • Uis nipes
  • Uis julu
  • Gatip gewang
  • Gatip jongkit
  • Gatip cukcak
  • Uis pementing
  • Batujala
  • Uis arinteneng
  • Uis kelam-kelam
  • Uis cobar dibata
  • Uis beka buluh
  • Uis jujung-jujungen


     





    Eksistensi Kerajaan Haru / Karo

    Kerajaan Haru-Karo mulai menjadi kerajaan besar di Sumatera, namun tidak diketahui secara pasti kapan berdirinya. Namun demikian, Brahma Putra, dalam bukunya “Karo dari Zaman ke Zaman” mengatakan bahwa pada abad 1 Masehi sudah ada kerajaan di Sumatera Utara yang rajanya bernama “Pa Lagan“. Menilik dari nama itu merupakan bahasa yang berasal dari suku Karo. Mungkinkah pada masa itu kerajaan haru sudah ada?, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.(Darman Prinst, SH :2004)

    Kerajaan Haru-Karo diketahui tumbuh dan berkembang bersamaan waktunya dengan kerajaan Majapahit, Sriwijaya, Johor, Malaka dan Aceh. Terbukti karena kerajaan Haru pernah berperang dengan kerajaan-kerajaan tersebut.Pada abad ke-15 Sejarah Dinasti Ming menyebutkan bahwa "Su-lu-tang Husin", penguasa Haru, mengirimkan upeti pada Cina tahun 1411. Setahun kemudian Haru dikunjungi oleh armada Laksamana Cheng Ho. Pada 1431 Cheng Ho kembali mengirimkan hadiah pada raja Haru, namun saat itu Haru tidak lagi membayar upeti pada Cina. Pada masa ini Haru menjadi saingan Kesultanan Malaka sebagai kekuatan maritim di Selat Malaka. Konflik kedua kerajaan ini dideskripsikan baik oleh Tome Pires dalam Suma Oriental maupun dalam Sejarah Melayu.

    Pada abad ke-16 Haru merupakan salah satu kekuatan penting di Selat Malaka, selain Pasai, Portugal yang pada 1511 menguasai Malaka, serta bekas Kesultanan Malaka yang memindahkan ibukotanya ke Bintan. Haru menjalin hubungan baik dengan Portugal, dan dengan bantuan mereka Haru menyerbu Pasai pada 1526 dan membantai ribuan penduduknya. Hubungan Haru dengan Bintan lebih baik daripada sebelumnya, dan Sultan Mahmud Syah menikahkan putrinya dengan raja Haru, Sultan Husain. Setelah Portugal mengusir Sultan Mahmud Syah dari Bintan pada 1526 Haru menjadi salah satu negara terkuat di Selat Malaka. Namun ambisi Haru dihempang oleh munculnya Aceh yang mulai menanjak.  Catatan Portugal menyebutkan dua serangan Aceh pada 1539, dan sekitar masa itu raja Haru terbunuh oleh pasukan Aceh. Istrinya, ratu Haru, kemudian meminta bantuan baik pada Portugal di Malaka maupun pada Johor (yang merupakan penerus Kesultanan Malaka dan Bintan). Armada Johor menghancurkan armada Aceh di Haru pada 1540.

    Aceh kembali menaklukkan Haru pada 1564. Sekali lagi Haru berkat bantuan Johor berhasil mendapatkan kemerdekaannya, seperti yang dicatat oleh Hikayat Aceh dan sumber-sumber Eropa. Namun pada abad akhir ke-16 kerajaan ini hanyalah menjadi bidak dalam perebutan pengaruh antara Aceh dan Johor.

    Kemerdekaan Haru baru benar-benar berakhir pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda dari Aceh, yang naik tahta pada 1607. Dalam surat Iskandar Muda kepada Best bertanggal tahun 1613 dikatakan, bahwa Raja Aru telah ditangkap; 70 ekor gajah dan sejumlah besar persenjataan yang diangkut melalui laut untuk melakukan peperangan-peperangan di Aru. Dalam masa ini sebutan Haru atau Aru juga digantikan dengan nama Deli.

    Wilayah Haru kemudian mendapatkan kemerdekaannya dari Aceh pada 1669, dengan nama Kesultanan Deli.

    Kerajaan Haru identik dengan suku Karo,yaitu salah satu suku di Nusantara. Pada masa keemasannya, kerajaan Haru-Karo mulai dari Aceh Besar hingga ke sungai Siak di Riau. Eksistensi Haru-Karo di Aceh dapat dipastikan dengan beberapa nama desa di sana yang berasal dari bahasa Karo. Misalnya Kuta Raja (Sekarang Banda Aceh), Kuta Binjei di Aceh Timur, Kuta Karang, Kuta Alam, Kuta Lubok, Kuta Laksmana Mahmud, Kuta Cane, Blang Kejeren, dan lainnya. (D.Prinst, SH: 2004)

    Terdapat suku Karo di Aceh Besaryang dalam logat Aceh disebut Karee. Keberadaan suku Haru-Karo di Aceh ini diakui oleh H. Muhammad Said dalam bukunya “Aceh Sepanjang Abad”, (1981). Ia menekankan bahwa penduduk asli Aceh Besar adalah keturunan mirip Batak. Namun tidak dijelaskan keturunan dari batak mana penduduk asli tersebut. Sementara itu, H. M. Zainuddin dalam bukunya “Tarikh Aceh dan Nusantara” (1961) dikatakan bahwa di lembah Aceh Besar disamping Kerajaan Islam ada kerajaan Karo. Selanjunya disebutkan bahwa penduduk asli atau bumi putera dari Ke-20 Mukim bercampur dengan suku Karo yang dalam bahasa Aceh disebut Karee. Brahma Putra, dalam bukunya “Karo Sepanjang Zaman” mengatakan bahwa raja terakhir suku Karo di Aceh Besar adalah Manang Ginting Suka.

    Kelompok karo di Aceh kemudian berubah nama menjadi “Kaum Lhee Reutoih” atau kaum tiga ratus. Penamaan demikian terkait dengan peristiwa perselisihan antara suku Karo dengan suku Hindu di sana yang disepakati diselesaikan dengan perang tanding. Sebanyak tiga ratus (300) orang suku Karo akan berkelahi dengan empat ratus (400) orang suku Hindu di suatu lapangan terbuka. Perang tanding ini dapat didamaikan dan sejak saat itu suku Karo disebut sebagai kaum tiga ratus dan kaum Hindu disebut kaum empat ratus.

    Dikemudian hari terjadi pencampuran antar suku Karo dengan suku Hindu dan mereka disebut sebagai kaum Jasandang. Golongan lainnya adalah Kaum Imam Pewet dan Kaum Tok Batee yang merupakan campuran suku pendatang, seperti: Kaum Hindu, Arab, Persia, dan lainnya.

    Wilayah Suku Karo

    Sering terjadi kekeliruan dalam percakapan sehari-hari di masyarakat bahwa Taneh Karo diidentikkan dengan Kabupaten Karo. Padahal, Taneh Karo jauh lebih luas daripada Kabupaten Karo karena meliputi:

    Kabupaten Tanah Karo 

    gunung sinabung di kab.karo, gambar wanita di bawahnya adalah wanita yg sedang pergi bekerja ke Kebun

    Kabupaten Karo terletak di dataran tinggi Tanah Karo. Kota yang terkenal dengan di wilayah ini adalah Brastagi dan Kabanjahe. Brastagi merupakan salah satu kota turis di Sumatera Utara yang sangat terkenal dengan produk pertaniannya yang unggul. Salah satunya adalah buah jeruk dan produk minuman yang terkenal yaitu sebagai penghasil Markisa Jus yang terkenal hingga seluruh nusantara. Mayoritas suku Karo bermukim di daerah pegunungan ini, tepatnya di daerah Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak yang sering disebut sebagai atau “Taneh Karo Simalem”. Banyak keunikan-keunikan terdapat pada masyarakat Karo, baik dari geografis, alam, maupun bentuk masakan. Masakan Karo, salah satu yang unik adalah disebut trites.Trites ini disajikan pada saat pesta budaya, seperti pesta pernikahan, pesta memasuki rumah baru, dan pesta tahunan yang dinamakan -kerja tahun-. Trites ini bahannya diambil dari isilambung sapi/kerbau, yang belum dikeluarkan sebagai kotoran.Bahan inilah yang diolah sedemikian rupa dicampur dengan bahan rempah-rempah sehingga aroma tajam pada isi lambung berkurang dan dapat dinikmati. Masakan ini merupakan makanan favorit yang suguhan pertama diberikan kepada yang dihormati.

    Kota Medan
    Tugu Guru Patimpus di Medan

    Pendiri kota Medan adalah seorang putra Karo yaitu Guru Patimpus Sembiring Pelawi.(lahir di Aji Jahe, hidup sekitar akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17) Medan diambil dari Kata Madan,
    Sebelum Guru Patimpus Sembiring Pelawi memeluk Agama Islam, dia adalah seorang yang mempunyai kepercayaan Pemena. Guru Patimpus Sembiring Pelawi menikah dengan seorang putri Raja Pulo Brayan dan mempunyai dua anak lelaki, masing-masing bernama Kolok dan Kecik.
    Setelah menikah, Guru Patimpus Sembiring pelawi dan istrinya membuka kawasan hutan antara Sungai Deli dan Sungai Babura yang kemudian menjadi Kampung Medan. Tanggal kejadian ini biasanya disebut sebagai 1 Juli 1590, yang kini diperingati sebagai hari jadi kota Medan.

    Kota Binjai

    Kota Binjai merupakan daerah yang memiliki interaksi paling kuat dengan kota Medan disebabkan oleh jaraknya yang relatif sangat dekat dari kota Medan sebagai Ibu kota provinsi Sumatera Utara.

    Kabupaten Dairi
    Wilayah kabupaten Dairi pada umumnya sangat subur dengan kemakmuran masyarakatnya melalui perkebunan kopinya yang sangat berkualitas. Sebagian kabupaten Dairi yang merupakan Taneh Karo:

    Kecamatan Taneh Pinem
    Kecamatan Tiga Lingga
    Kecamatan Gunung Sitember
    Kabupaten Deli Serdang

    Sebagian kabupaten Deli Serdang yang merupakan Taneh Karo:
    Kecamatan Lubuk Pakam
    Kecamatan Bangun Purba
    Kecamatan Galang
    Kecamatan Gunung Meriah
    Kecamatan Sibolangit
    Kecamatan Pancur Batu
    Kecamatan Namo Rambe
    Kecamatan Sunggal
    Kecamatan Kuta Limbaru
    Kecamatan STM Hilir
    Kecamatan Hamparan Perak
    Kecamatan Tanjung Morawa
    Kecamatan Sibiru-biru
    kecamatan STM Hulu
    Kabupaten Langkat

    Taneh Karo di kabupaten Langkat meliputi:
    Kecamatan Selesai
    Kecamatan Kuala
    Kecamatan Salapian
    Kecamatan Bahorok
    Kecamatan Pd.Tualang (Batang Serangan)
    Kecamatan Sungai Bingai
    Kecamatan Stabat
    Kabupaten Aceh Tenggara

    Taneh Karo di kabupaten Aceh Tenggara meliputi:
    Kecamatan Lau Sigala-gala (Desa Lau Deski, Lau Perbunga, Lau Kinga)
    Kecamatan Simpang Simadam
    Kabupaten Aceh Tenggara

    Taneh Karo di kabupaten Aceh Tenggara meliputi:
    Kecamatan Lau Sigala-gala (Desa Lau Deski, Lau Perbunga, Lau Kinga)
    Kecamatan Simpang Simadam
    Kabupaten Simalungun

    Taneh Karo di kabupaten Simalungun meliputi:
    Kecamatan Doloksilau
    Sebagian Kecamatan Silimakuta (contohnya: desa Rakut Besi)

2. SISTEM KEKERABATAN MASYARAKAT KARO

  Berikut adalah sistem kekerabatan di masyarakat Karo atau sering disebut Daliken Sitelu atau Rakut Sitelu. Tulisan ini disadur dari makalah berjudul “Daliken Si Telu dan Solusi Masalah Sosial Pada Masyarakat Karo: Kajian Sistem Pengendalian Sosial” oleh Drs. Pertampilan Brahmana, Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara.

Unsur Daliken Sitelu ini adalah ;

Kalimbubu (Hula-hula (Toba), Mora (Mandailing))
Sembuyak/Senina (Dongan sabutuha (Toba), Kahanggi (Mandailing))
Anak Beru (Boru (Toba, Mandailing))
Setiap anggota masyarakat Karo dapat berlaku baik sebagai kalimbubu, senina/sembuyak, anakberu, tergantung pada situasi dan kondisi saat itu.


Kalimbubu
Kalimbubu adalah kelompok pihak pemberi wanita dan sangat dihormati dalam sistem kekerabatan masyarakat Karo. Masyarakat Karo menyakini bahwa kalimbubu adalah pembawa berkat sehingga kalimbubu itu disebut juga dengan Dibata Ni Idah (Tuhan yang nampak). Sikap menentang dan menyakiti hati kalimbubu sangat dicela.

Anak Beru
Anakberu adalah pihak pengambil anak dara atau penerima anak gadis untuk diperistri. Oleh Darwan Prints, anakberu ini diumpamakan sebagai yudikatif, kekuasaan peradilan. Hal ini maka anakberu disebut pula hakim moral, karena bila terjadi perselisihan dalam keluarga kalimbubunya, tugasnyalah mendamaikan perselisihan tersebut.

Senina/Sembuyak
Hubungan perkerabatan senina disebabkan seclan, atau hubungan lain yang berdasarkan kekerabatan.

3. SIFAT UMUM ORANG KARO MENURUT MARGANYA
 Berikut merupakan ciri khas sifat orang karo berdasarkan marganya masing-masing ;

Karo-Karo
Merga Karo-karo rata-rata cerdas dalam berpikir dan bertindak. Ini terbukti dengan orang Karo yang meraih gelar sarjana pertama kali adalah Dr B. Sitepu dan Mr. Jaga Bukit. Profesor pertama dari Karo adalah Prof. A.T. Barus. Gubernur Sumatera Utara dari Karo pertama kali adalah Ulung Sitepu. Sampai menteri dari Karo yang pernah diangkat adalah M.S. Kaban.
Karo-karo biasanya berkemauan kuat dan berusaha keras meraih cita-citanya. Karena kemauan dan kerja kerasnya itu tidak sedikit Karo-karo berhasil meraih segala keinginannya.
Beru Karo terkenal berani dalam bertindak. Ketika ada yang tidak sesuai keinginan hatinya maka apapun bisa dikata-katainya. Cenderung bersifat mendominasi dalam rumah tangga. Tapi beru Karo terkenal kepintarannya sebagai penyeimbang rumah tangga.

Ginting
Merga Ginting lantang dalam berbicara. Kalau memang pendapatnya benar akan terus dipertahankannya. Siapa yang tidak kenal nama yang sudah didekasikan menjadi salah satu jalan terpanjang di negeri ini, Letjend Jamin Ginting. Termasuk anggota MPR RI, Sutradara Ginting yang pintar dalam mengungkapkan pendapatnya.
Tidak takut untuk memulai sesuatu yang baru. Mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat. Cenderung patuh pada istrinya.
Beru Ginting terkenal tidak malu tampil ke tengah. Kalau belum berbuat sesuatu rasanya belum ada kepuasan dalam dirinya. Keberaniannya terkadang tidak memikirkan resiko apa yang akan terjadi terhadap tindakannya.

Sembiring
Merga Sembiring rata-rata berjiwa diplomatis. Sedikit berbicara tapi dalam artinya. Terkadang pelan-pelan mengutarakan pendapatnya sehingga keinginan hatinya diterima semua orang. Siapa yang tidak kenal dengan keturunan Sibayak Sarinembah, Mayjend Raja Kami Sembiring dengan vokalnya yang menghebohkan gedung MPR RI Senayan beberapa tahun lalu. Kriminolog Adrianus Meliala juga termasuk salah satu contoh.
Cenderung malu dan takut mengutarakan cinta pada gadis yang dipujanya. Bahkan sekalipun ditanya apakah dia mencintai gadis itu dengan cepat akan ditampiknya dengan halus.
Beru Sembiring berjiwa penyabar. Walau banyak yang tidak menyenangi dirinya dengan sabar dia akan menerimanya. Cenderung sebagai penguasa rumah tangga. Sehingga rumah tangga berada dibawah kendalinya.

Tarigan
Merga Tarigan pintar berbicara. Di kedai kopi ataupun jambur semua obrolan akan didominasinya. Cepat berkelit dalam berkata-kata jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan maksudnya.
Karena pintar berkata-kata rata-rata merga Tarigan berjiwa dagang. Mulia Tarigan salah satu contohnya. Juga Mestika br Tarigan menjadi psikolog terkenal saat ini.
Beru Tarigan bersifat pasrah terhadap sesuatu yang didapatnya. Apa yang dikatakannya terkadang berbeda dengan isi hatinya.

Perangin-angin
Merga ini disebut dengan julukan Tambar Malem (selain Sebayang). Tambar Malem maksudnya disini adalah kepintaran dalam berkata-kata untuk menghibur orang. Jika ada orang mengalami masalah, Perangin-angin pintar memakai lidahnya untuk menghibur dan mencari solusi jalan keluarnya. Bersifat moderator dan mediator.
Cenderung harus dibujuk-bujuk (tami-tami) dan cemburuan. Berani dalam bertindak dan mengungkapkan pendapatnya. Aktor kawakan Advent Bangun yang telah memakai lidahnya dalam berkotbah di mimbar gereja. Termasuk perjuangan Kiras Bangun alias Pa Garamata dalam mempertahankan kemerdekaan negeri ini.
Beru Perangin-angin berjiwa ingin tampil. Ada suatu kebanggaan jika dirinya diperhatikan orang. Bersifat menguasai keluarganya sendiri. Kepintarannya dalam mencari muka pada orang tuanya terkadang membuat perselisihan dengan turangnya sendiri.

Sifat-sifat merga di atas tidak bisa menjadi tolak ukur bagi kita untuk menyimpulkan sifat seseorang dari merganya. Perkembangan jaman, kehidupan sosial dan perkawinan dengan berbagai suku sedikit demi sedikit mengikis sifat-sifat merga itu sendiri.
Jadi sifat merga diatas hanyalah sebuah kesimpulan kecil dari sebuah penelitian yang setiap saat bisa disanggah dan diperdebatkan. Sekali lagi janganlah kesimpulan diatas menjadi acuan kita untuk menilai sifat merga dan juga sifat seseorang.
Tapi jika kita menelusuri lebih dalam setiap orang Karo mempunyai sifat yang hampir sama. Mungkin dikarenakan alam, budaya dan seninya yang mengacu pada kehidupan sosial Karo itu sendiri.

Catatan kecil tentang sifat orang Karo
Orang Karo itu tidak terlalu rajin tetapi bukan pemalas. Berjiwa lemah lembut dan toleransi yang kuat. Sifat gotong royong dan memusyawarahkan sesuatu secara “sangkep nggeluh” menjadi nilai yang dikedepankan dalam strukur sosial masyarakatnya.
Prinsip hidupnya adalah, ”Ertuah bayak sangap encari,” yang artinya berkembang biak murah rejeki dan etos kerja yang digunakan, “Mangkuk reh mangkuk mulih, Ola lolo cametendu”.
Filosofi hidup orang Karo itu,”Pebelang juma maka mbelang man peranin, Jemur pagendu sangana las,” yang artinya perbanyak mata pencaharian supaya banyak hasilnya, gunakan kesempatan yang ada.
Ada juga falsafah yang mengatakan, “Keri gia pola isina, gelah mehuli penangketken kitangna,” biarpun habis air nira diminum, asal yang meminum itu menggantungkan tempatnya (kitang) itu dengan baik.
Kelemahan orang Karo pada umumnya mudah tersinggung dan sakit hati. Apabila rasa sakit hati dan ketersinggungan itu terlalu mendalam akan menimbulkan reaksi. Tetapi lebih banyak mengundurkan diri dalam percaturan. Tapi umumnya mempunyai sifat pendendam.
Orang Karo sangat sensitif tetapi menyimpan sifat ideal sebagai single fighter. Berani memulai sesuatu walau tidak tahu apa resiko yang akan dihadapinya. Mempunyai jiwa merantau (erlajang) dan dengan cepat bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ada istilah sendiri yang mengacu hal ini, 

Kalau masuk ke kandang kambing, dia akan mengembik tapi tidak jadi kambing. Kalau masuk ke kandang harimau, dia akan mengaum tapi tidak jadi harimau.”

Masing-masing kita sudah mengetahui sifat kita sebagai pribadi maupun sebagai seorang Karo. Tapi alangkah baiknya jika kita menelaah kembali mana sifat yang mendukung hidup kita ke arah positif dan mana yg menghambat kemajuan hidup kita.
Adal baiknya kita berjiwa besar meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama dan memulai sesuatu yang lebih baik. Dengan menggunakan sifat yang baik dari kita secara pribadi dan juga dengan sesama niscaya memberikan harapan perubahan baru dalam hidup kita. Salam budaya!

Sumber : 
- http://www.karoweb.or.id/karo-dan-sifat-merganya/
- http://www.kaskus.us/showthread.php?s=4422d370c2d15e05ffa766c46b86f499&t=5248656
- http://arianus.wordpress.com/2010/03/13/budaya-karo/
- http://gintink.blogspot.com/2010/11/lokasi-kerajaan-haru.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Guru_Patimpus

Selasa, 03 April 2012

T H E S E C R E T



Berikut adalah link yg saya dapat tentang sebuah buku karya Rhonda Byrne yg menulis prinsip- prisnip orang sukses dari seluruh dunia yg telah menemukan rahasia yg mengubah hidup mereka, menjadi sosok2 perkasa yg sukses di bidangnya, penasaran kan ?? silahkan diunduh lewat link ini , smoga bermanfaat buat hidup anda ,, see u on the top !!!

* hanya orang bodoh yg tidak belajar dari pengalaman dan tidak mengindahkan nasehat orang lain, be wise !

Minggu, 01 April 2012

Henry Cavill The Next Superman ?




 Aktor asal Inggris, Henry Cavill akhirnya terpilih memerankan karakter Clark Kent atau Superman dalam film ‘Superman: Man of Steel’ setelah gagal casting di film ‘Superman Return’ pada tahun 2004 yang lalu, ia mengaku sangat antusias saat mengenakan kostum Superman yang melegenda itu.

“Sangat keren. Tidak ada perasaan yang seperti itu. Mereka memakaikannya. Saya berbalik dan melihat ke cermin, tidak bisa bersikap tenang, sedikit tertawa. Saya pikir, ini dia. Kamu melakukannya, kamu berada di tengah-tengahnya,” kata Cavill kepada Total Film.

Film ‘Superman: Man of Steel’ disutradarai oleh Zack Snyder yang pernah meraih penghargaan Saturn Award untuk film ‘300’. Selain Cavill, film yang akan dirilis di Amerika Serikat (AS) pada pertengahan 2013 ini juga dibintangi aktris Amy Adams. Dalam film ini, Adams memerankan karakter Lois Lane.Cavill sendiri berhasil mendapatkan peran sebagai Superman setelah melalui proses audisi yang ketat dan melelahkan. Butuh waktu panjang bagi Cavill mendapatkan peran sebagai Clark Kent. 

Berikut ini beberapa fakta mengenai aktor asal Inggris itu yang mungkin saja belum Anda ketahui.

1. Stephenie Meyer menganggap Henry sebagai sosok yang paling tepat untuk memerankan Edward Cullen di 'Twilight.'

Henry adalah aktor yang dipilih pertama kali untuk memerankan vampir remaja, namun saat film tersebut mulai diproduksi, umur Henry sudah terlalu tua. Saat itu ia berusia 25 tahun, dan sang sutradara menganggap dirinya tidak cocok untuk memerankan tokoh vampir berusia 17 tahun.

2. Banyak tawaran menggiurkan sebelum Henry menjadi 'Superman'

Henry dikabarkan menerima tawaran bintang utama dalam film-film yang telah mencetak box office. Ia dikabarkan menjadi salah satu kandidat kuat untuk menjadi Mr. Bond sebelum akhirnya peran tersebut jatuh ke tangan Daniel Craig.
Sebelumnya, bintang film 'Stardust' itu juga sudah mengikuti casting untuk film 'Superman' pada 2006 lalu. Namun, saat itu sutradara Bryan Singer menjatuhkan pilihannya kepada Brandon Routh.

3. Menguasai 6 bahasa

Henry yang saat ini berusia 27 tahun menguasai 6 bahasa di antaranya Inggris, Prancis, Italia dan Spanyol. Ia juga dikabarkan menguasai bahasa Rusia dan Nepal.


 4. Sanggup memainkan berbagai macam peran dengan baik

Henry Cavill memulai kariernya di industri film pada 2001 lalu lewat 'Laguna'. Ia populer lewat perannya sebagai Charles Brandon dalam serial 'The Tudors'. Selain itu, ia juga tampil apik di film musikal 'Grease'.

5. Persaingan ketat untuk menjadi 'Superman'

Siapa saja aktor yang menjadi pesaingnya untuk menjadi 'Superman'? Bintang 'True Blood's', Joe Manganiello dan Ammie Hammer yang kemampuan aktingnya terasah di 'The Social Network'.

Bagaimana Aktingnya di sekuel SUPERMAN "MAN OF STEEL" nantinya ? kita tungguin aja deh, ^_*

Twilight Breaking Dawn part 2


Buat kamu yang udah menyaksikan sekuel Twilight BD part-1 kemaren pasti penasaran banget kan gimana kelanjutan kisah Kristen Stewart yang akhirnya berevolusi menjadi seorang vampir mengikuti sang kekasihnya, Yups.. ceritanya emang makin seru dan bikin penasaran,bagaimana perjuangan  Taylor yang kemudian berikrar untuk menjadi pelindung bagi anak dari wanita yang dicintainya itu, lalu bagimana pula dengan Kristen yang Dawn yang harus menyesuaikan diri dengan kepribadian barunya itu ? Sekuel BD part 2 ini rencananya akan dirilis pada bulan November 2012 mendatang, jadi buat pecinta Twilight Series, bersabar aja deh dengan kelanjutan filmnya.. kita tunggu saja.